Dark

Cara Memotivasi Anak Anda Agar Lebih Mandiri

Banyak anak secara alami mencapai tahap mandiri, tetapi beberapa anak menahan diri dalam situasi tertentu, lebih memilih untuk tinggal di dekat orang tua daripada mengatasi situasi sendirian. Seorang anak yang berani atau merasa yakin dengan kemampuannya untuk menangani suatu tugas, memiliki motivasi diri dan tahu bagaimana membuat keputusan, bahkan banyak para ahli psikologi dalam berbagai penelitian mengatakan bahwa kemandirian adalah timbul dari cara Anda memperlakukan anak Anda dan memotivasi kemandiriannya mempengaruhi kenyamanan serta kepercayaan dirinya ketika ia tidak memiliki ayah dan ibu untuk melakukan sesuatu untuknya.

tips hamil intens

PENGERTIAN KEMANDIRIAN MENURUT PARA AHLI:

1. Masrun Tahun 1986

Menurut Masrun berpendapat bahwa pengertian kemandirian adalah suatu sikap yang memungkinkan seorang anak untuk bertindak bebas, melakukan sesuatu atas dorongan atau motivasi sendiri dan untuk kebutuhannya sendiri tanpa bantuan dari orang lain, maupun berpikir dan bertindak original/ kreatif, dan penuh inisiatif, mampu mempengaruhi lingkungan, mempunyai rasa percaya diri dan memperoleh kepuasan dari usahanya.

2. Antonius Tahun 2002

Menurut Antonius berpendapat bahwa pengertian kemandirian adalah kata dasar mandiri berarti mampu bertindak sesuai keadaan tanpa meminta atau tergantung pada orang lain. Mandiri adalah dimana seseorang mau dan mampu mewujudkan kehendak/ keinginan dirinya yang terlihat dalam tindakan/ perbuatan nyata guna menghasilkan sesuatu (barang/jasa) demi pemenuhan kebutuhan hidupnya dan sesamanya.

3. Steinberg Tahun 2002

Menurut Steinberg berpendapat bahwa pengertian kemandirian adalah kemampuan individu untuk bertingkah laku secara seorang diri

4. Lerner Tahun 2001

Menurut Steinberg berpendapat bahwa pengertian kemandirian merupakan kemampuan seseorang untuk tidak tergantung pada orang lain serta bertanggung jawab atas apa yang dilakukan.

5. Bhatia Tahun 1999

Menurut Bhatia mengemukakan pendapat bahwa definisi kemandirian adalah sebagai perilaku yang aktivitasnya diarahkan pada diri sendiri tidak mengharapkan pengarahan dari orang lain dan mencoba menyelesaikan masalahnya sendiri tanpa meminta bantuan dari orang lain.

6. Zulfajri Tahun 2009

Menurut Zulfajri mengemukakan pendapat bahwa definisi kemandirian adalah kemampuan atau keadaan dimana individu mampu mengurus atau mengatasi kepentingannya sendiri tanpa bergantung dengan orang lain.

7. Maslow Tahun 1997

Menurut Maslow berpendapat bahwa pengertian kemandirian adalah salah satu karakteristik yang dimiliki oleh orang-orang yang mampu mengaktualisasikan diri dan didorong oleh motivasi untuk berkembang sebagai kepuasan utama.

8. Ryan dan Lynch Tahun 2005

Mereka berpendapat bahwa kemandirian diartikan sebagai kemampuan untuk mengatur tingkah laku, menyeleksi dan membimbing keputusan atau tindakan seseorang tanpa pengawasan.

9. Maryam Tahun 2008

Menurut Maryam berpendapat bahwa pengertian kemandirian adalah mengatakan kemandirian berarti tanpa pengawasan, pengarahan atau bantuan pribadi yang masih aktif.

10. Mu’tadin Tahun 2002

Menurut Mu’tadin, kemandirian mengandung pengertiannya apa dimaksud apa itu suatu keadaan dimana seseorang yang memiliki keputusan dan inisiatif untuk mengatasi masalah yang dihadapi, memiliki kepercayaan diri dalam mengerjakan tugas-tugasnya, bertanggung jawab terhadap apa yang dilakukan. Secara umum Mu’tadin menambahkan bahwa kemandirian merupakan suatu sikap dimana individu akan terus belajar untuk bersikap mandiri dalam menghadapi berbagai situasi dilingkungan sehingga individu pada akhirnya akan mampu berpikir dan bertindak sendiri.

Berdasarkan persepsi ahli diatas dapat disimpulkan bahwa kemandirian menurut para pakar-pakar adalah kemampuan anak-anak untuk bersikap dan berperilaku sendiri untuk memilih dan memutuskan sendiri serta mampu melakukannya tanpa tergantung pada orang lain termasuk orangtua mereka.

Dimana kemandirian secara psikologis dan mentalis yaitu keadaan seseorang anak yang dalam kehidupannya mampu memutuskan dan mengerjakan sesuatu tanpa bantuan dari orang lain. Kemampuan demikian hanya mungkin dimiliki jika anak-anak berkemampuan memikirkan dengan seksama tentang sesuatu yang dikerjakannya atau diputuskannya, baik dalam segi-segi manfaat atau keuntungannya, maupun segi-segi negatif dan kerugian yang akan dialaminya.


BAGAIMANA CARA MENUMBUHKAN KEPERCAYAAN DIRI DAN KEMANDIRIAN PADA ANAK-ANAK ANDA? 

- Ciptakan lingkungan rumah yang penuh kasih dan aman berdasarkan rasa hormat. Jenis lingkungan ini mendukung upaya anak Anda untuk mencapai tujuan baru. Jika seorang anak tidak merasakan rasa aman dan cinta, dia mungkin menghindari mengambil risiko yang diperlukan untuk menjadi mandiri. 

- Tetapkan batasan dan ajarkan keselamatan dasar anak Anda sehingga Anda merasa nyaman memungkinkan kebebasan. Orang tua sering menghambat kemandirian karena rasa takut. Misalnya, anak Anda kehilangan kesempatan untuk bertindak sendiri jika Anda takut untuk menyendiri bermain waktu di luar atau berjalan ke rumah tetangga sendirian. Mengajari anak Anda cara mengamati lingkungan, tetap berada di area tertentu dan masuk ke dalam jika terjadi sesuatu yang mencurigakan membuat Anda merasa lebih nyaman sehingga lebih mandiri. 
 
- Ajari anak Anda keterampilan dasar yang memungkinkannya menjadi mandiri. Ajari dia keterampilan perawatan diri, seperti mandi atau mandi sendiri. Ketika ia memperoleh penguasaan keterampilan dasar itu, ia memiliki dasar untuk mencoba tugas-tugas yang lebih kompleks. Seorang anak yang belajar bagaimana melayani dirinya sendiri di rumah mungkin merasa lebih nyaman melayani dirinya sendiri di rumah teman atau belajar menyiapkan makanan, misalnya. 

- Motivasi dan dukung upaya anak Anda saat dia mempelajari tugas baru tanpa melakukan segalanya untuknya. Ketika dia belajar mengikat tali sepatu, mintalah dia untuk mengikuti setiap langkah saat Anda mengikat tali sepatu Anda. Beri dia petunjuk verbal untuk membuat tugas lebih mudah. Ambil pendekatan lepas tangan jika mungkin sehingga dia bisa mencoba sendiri. 

- Biarkan anak Anda mengambil risiko dan membuat kesalahan. Biarkan anak Anda menuangkan susunya sendiri meskipun ada kemungkinan tumpah. Jika dia tumpah, tetap tenang dan bantu dia membersihkannya daripada berteriak atau marah. 

- Dukung dan motivasi tumbuh kembang anak Anda dengan membuat rumah lebih ramah anak. Kami menyarankan untuk memasang kait dinding yang rendah agar anak dapat menggantungkan mantel dan tas sekolahnya sendiri atau menyimpan mainan dan persediaannya rendah sehingga ia memiliki akses. 

- Tetapkan tanggung jawab untuk anak Anda sehingga ia berkontribusi pada keluarga dan mempelajari keterampilan hidup. Memenuhi tanggung jawab yang Anda tetapkan, seperti melakukan pekerjaan rumah atau pekerjaan di sekitar rumah, memberi anak Anda rasa prestasi dan kepercayaan diri. 

- Hadirkan anak Anda dengan pilihan selama kegiatan sehari-hari. Memberikan kekuatan pengambilan keputusan mendorong kebebasannya. Contoh keputusan yang dapat diambil anak termasuk pilihan pakaian, makanan ringan, kegiatan bermain dan siapa yang diundang ke pesta ulang tahunnya. 

- Motivasi dan inspirasi hubungan dengan teman sebaya agar anak Anda memiliki jaringan teman yang menginspirasinya untuk bermain di luar keluarga.


BAGAIMANA CARA MENGETAHUI BAHWA KARAKTERISTIK ANAK-ANAK ANDA MANDIRI?

Anak-anak mandiri berbeda dari anak-anak bergantung pada beberapa hal penting. Jika anak-anak Anda mandiri, Anda telah memberi mereka keyakinan bahwa mereka kompeten dan mampu menjaga diri mereka sendiri. Anda memberi mereka panduan untuk menemukan kegiatan yang bermakna dan memuaskan. Anda memberi anak-anak Anda kebebasan untuk mengalami hidup sepenuhnya dan belajar banyak pelajaran penting. Anak mandiri dapat dikenali karakteristiknya dengan cara-cara berikut:
- Secara intrinsik termotivasi karena mereka diizinkan untuk menemukan alasan mereka sendiri untuk mencapainya.
- Diberi kesempatan dan bimbingan untuk mengeksplorasi kegiatan pencapaian yang mereka pilih sendiri.
- Orang tua menggunakan hadiah ekstrinsik dengan tepat dan hemat.
- Kolaboratif daripada hubungan yang terkontrol dengan orang tua mereka di mana ide dan keinginan anak-anak diminta dan dipertimbangkan.
- Pengambil keputusan yang baik karena mereka diizinkan untuk mempertimbangkan berbagai pilihan dengan motivasi dukungan dan bimbingan orang tua mereka mampu membuat keputusan sendiri.


MENGAPA PENTING BAGI SEORANG ANAK UNTUK MANDIRI?

Mempromosikan kemandirian pada anak sangat penting, dan hal ini menjadi tugas utama mengasuh anak dimana membesarkan anak-anak yang mandiri dan memiliki motivasi diri yang mampu menggunakan dukungan orang tua dan teman secara tepat ketika mereka tumbuh. Anda dapat membantu anak Anda mengembangkan rasa kemandirian yang sehat. Kemandirian adalah aspek penting dari perkembangan anak Anda.


KATA -KATA BIJAKSANA UNTUK MEMOTIVASI ORANGTUA MENINGKATKAN KEMANDIRIAN ANAK-ANAK

  • Sejak masih sangat muda, saya sudah memiliki rasa kemandirian dan kelangsungan hidup yang sangat kuat. Sebagai seorang anak, saya berdiri sendiri secara emosional. - Lena Headey
  • Saya pikir persepsi salah yang umum tentang menyelaraskan dan merawat kebutuhan anak begitu terus-menerus adalah bahwa mereka tidak tumbuh dalam kemandirian mereka, tetapi saya pikir yang sebaliknya adalah benar. - Alanis Morissette
  • Hadiah terbesar yang bisa ditinggalkan seorang orangtua kepada seorang anak adalah kemandirian orangtua itu sendiri. - Rosamunde Pilcher
  • Anak itu mencari percaya diri dengan cara belajar; kemandirian tubuh dan pikiran. - Maria Montessori
  • . . . selain cinta, kebebasan berpikir adalah hadiah terbesar yang bisa diberikan seorang dewasa kepada seorang anak. - Bryce Courtenay
  • Penaklukan kebebasan untuk anak mandiri adalah langkah-langkah dasar dalam apa yang disebut 'perkembangan alaminya'. - Maria Montessori

HUBUNGAN KEMANDIRIAN DENGAN KEPERCAYAAN DIRI PADA ANAK-ANAK ANDA

Kemandirian adalah perasaan baik tentang diri anank-anak Anda. Kemandirian yang baik membantu anak-anak mencoba hal-hal baru, mengambil risiko yang sehat dan menyelesaikan masalah. Ini memberi mereka dasar yang kuat untuk pembelajaran dan pengembangan mereka.

Terhubung dengan orang lain yang peduli padanya baik untuk kemandirian anak Anda. Itu memberinya perasaan yang lebih kuat tentang tempatnya di keluarga dekat dan keluarga besar Anda. Dan terhubung dengan teman dan orang-orang di lingkungan keluarga untuk membantu anak Anda belajar bagaimana berhubungan dengan orang lain dan dapat meningkatkan kepercayaan dirinya.


KESIMPULAN CARA UNTUK MEMOTIVASI ANAK ANDA AGAR LEBIH MANDIRI DAN PERCAYA DIRI

Membangun kemandirian adalah bagian dari keterampilan sosial individu; kemandirian memungkinkan anak merasa mereka memiliki kendali atas hidup mereka. Kemandirian anak berarti mereka tidak lagi merasa benar-benar kurang percaya diri dan rentan terhadap bahaya eksternal.

Jika seorang anak tidak diizinkan untuk mendapatkan kemandirian, mereka dapat bereaksi dengan amarah dan perlawanan seperti suka membantah terutama selama fase penegasan diri mereka yang sering keliru disebut sebagai fase oposisi. Anak-anak juga dapat bereaksi dengan perasaan ditinggalkan dan mengembangkan sikap yang tampaknya acuh tak acuh. Demikian dari semoga dengan kesimpulan ini dapat menginsirasi orangtua dalam membantu anak-anak untuk mendapatka rasa kepercayaan diri dan kemandirian mereka guna mendukung fase tumbuh kembang mereka.
Share :