Dark

Cara Mengatasi Insomnia atau Sulit Tidur pada Ibu Hamil

Beberapa ibu hamil sering mengalami sulit tidur atau insomnia pada malam hari. Penyebab insomnia ini tidak terlepas dari banyaknya perubahan yang terjadi selama kehamilan baik perubahan fisik maupun psikologi. Beberapa faktor yang menyebabkan ibu hamil sulit tidur antara lain adalah posisi tidur yang kurang nyaman, frekuensi buang air kecil yang meningkat, kaki kram, dan rasa tidak nyaman karena perut yang makin besar.

Perubahan hormon yang terjadi selama kehamilan merupakan salah satu faktor yang menimbulkan rasa tidak nyaman pada ibu hamil. Pada kehamilan trimester pertama, biasanya hormon progesteron meningkat drastis sehingga ibu hamil mudah mengantuk di siang hari.

Cara Mengatasi Insomnia atau Sulit Tidur pada Ibu Hamil

Ketika Bunda mengalami insomnia, ini harus diatasi dengan tepat karena istirahat yang cukup sangat penting untuk ibu hamil agar kesehatan janin tetap terjaga. Tidur cukup juga menjamin kesehatan Bunda dan memberikan cukup energi ketika proses persalinan. 

Untuk mengatasi insomia, berikut ini beberapa tips yang dapat Bunda lakukan.

Tidak Perlu Khawatir Insomnia

Jika Bunda sulit tidur, hindari berbaring di ranjang dan memaksa mata terpejam. Lakukan beberapa kegiatan seperti membaca, menulis, atau mandi air hangat. Kegiatan yang menenangkan cenderung membuat bosan dan menyebabkan kantuk. Hindari mengecek email, media sosial, atau berita di malam hari.

Posisi Tidur

Jangan tidur dengan posisi telentang. Cobalah tidur dengan posisi menghadap ke samping. Gunakan pula bantal di antara lutut dan bagian bawah perut untuk menopang tubuh Bunda. Agar lebih nyaman, gunakan bantal untuk mengganjal bagian punggung.

Olahraga

Lakukan olahraga minimal 30 menit setiap hari. Bunda bisa melakukan yoga, pilates, atau jalan kaki. Olahraga dan melakukan relaksasi setiap hari akan memudahkan tidur di malam hari.

Asupan Makanan dan Minuman

Minumlah banyak air putih di siang hari dan kurangi jumlahnya ketika hari mulai malam. Ini penting dilakukan agar Bunda tidak mudah bangun di malam hari karena ingin buang air kecil. Untuk makanan harian, hindari mengkonsumsi gorengan dan makanan pedas dan asam. Makanlah dalam porsi yang kecil tetapi sering.

Tidur Siang

Jika Bunda merasa ngantuk siang hari, maka tidurlah. Namun jangan lakukan jika ini membuat Bunda justru sulit terlelap di malam hari.

Demikian Bunda beberapa tips mudah untuk mengatasi sulit tidur di malam hari. Tidur malam untuk ibu hamil minimal adalah 6 jam. Tidur yang cukup akan membantu menjaga kesehatan Bunda dan membuat pertumbuhan janin berlangsung optimal.
Tags :
Share :