Dark

Kenali 12 Penyebab Utama Sulit Hamil Serta BeberapaTips untuk Mengatasinya

Berikut ini adalah 12 penyebab utama masalah ketidaksuburan dan juga disertai dengan beberapa tips untuk membantu meningkatkan peluang Anda untuk hamil lebih cepat.

1. Stress
Jika Anda berada dalam lingkungan kerja stres, pertimbangkan untuk resign dan ganti pekerjaan. Stress tidak hanya akan mempengaruhi kesuburan Anda, namun akan berdampak pada kesehatan jangka panjang mirip risiko penyakit jantung dan kasus kesehatan lainnya.

2. Timing/Waktu yang Tepat

Tips-hamil-intens

Masa subur yaitu waktu yang sempurna bagi Anda yang ingin cepat-cepat menerima momongan. Kebanyakan orang tidak tau perihal masa subur ini, maka dari itu perlu ketahui masa subur Anda. Umumnya, masa subur wanita adalah 12–16 hari sebelum masa haid berikutnya.

Dalam kata lain, rata-rata wanita mengalami masa subur di antara hari ke-10 hingga hari ke-17 setelah hari pertama pada haid teranyar. Hal tersebut berlaku bagi wanita yang mempunyai siklus haid teratur 28 hari. Namun, bila siklus Anda berbeda, Anda dapat mempelajari dan menghitung kapan masa subur Anda.

3. Kafein
Efek kafein pada kesuburan dan kehamilan masih menjadi kontroversi, beberapa percaya untuk peneliti percaya kafein dalam jumlah kecil turut kuat pada kesuburan. Kafein terdapat dalam cokelat, kopi, teh, dan soda, Jika Anda benar-benar ingin cepat hamil, maka harus menghidari kafein sama sekali untuk meningkatkan kesuburan.

4. Diet
Sebagian wanita menjalani program diet guna memperoleh tubuh yang langsing ideal. Namun tahukah Anda jika salah dalam mengkonsumsi makanan saat diet dapat berpengaruh pada kesuburan karena tubuh kekurangan beberapa jenis nutrisi yang dibutuhkan agar cepat hamil. Makan banyak sayuran berdaun seperti daun selada, kangkung, biji-bijian (oatmeal, roti gandum, beras merah, dll), kacang-kacangan mentah (almond, kacang Brasil, kenari, kacang mete, dll) , dan berbagai buah-buahan dan sayuran segar.

5. Merokok
Asap rokok mampu menimbulkan deplesi telur dan kerusakan sperma yang mempengaruhi kesuburan. Meskipun Anda cuma perokok pasif juga akan terkena dampaknya karena lebih dari 2000 materi kimia berbahaya ada dalam asap rokok yang Anda hirup.

6. Alkohol
Bagi laki-laki mengkonsumsi alkohol mampu menekan produksi hormon sehingga berdampak pada jumlah dan kualitas sperma yang menurun. Sedangkan bagi perempuan minuman beralkohol mampu mengganggu siklus menstruasi.

7. Turunnya jumlah sperma karena terlalu sering ‘berhubungan’
Jelas jumlah sperma yang menurun, sulit membuat istri hamil.

Salah satu yang mampu menurunkan jumlah sperma, yaitu karena terlalu sering dikeluarkan. Tidak dibiarkan pulih terlebih dahulu dalam beberapa saat.

8. Mengalami obesitas
Obesitas, yaitu penumpukan lemak yang berlebihan di dalam badan. Atau, kegemukan yang berlebih.

Obesitas ini merupakan satu faktor yang banyak dialami. Sekitar 30% pasangan yang belum mempunyai keturunan, dikarenakan salah satu atau keduanya mengidap obesitas.

Secara tidak langsung, obesitas terjadi dikarenakan banyak terlalu banyak mengonsumsi masakan yang mengandung lemak, serta minuman yang demikian manis.

9. Terlalu banyak mengonsumsi lemak jenuh yang tinggi
Lemak jenuh biasa terdapat pada beberapa cemilan dan masakan instan mirip snack, biskuit, pizza, dan gorengan.

Kalau terlalu banyak, maka mampu berakibatkan pada beberapa hal yang sudah kita bahas sebelumnya, mirip contohnya obesitas, dan problem pada ovulasi.
Oleh karena itu batasi dalam mengkonsumsi lemak jenuh.

10. Siklus menstruasi yang tak teratur karena PCOS
Hal ini agak berkaitan dengan masalah anovulasi.

Meski anovulasi tidak selalu dikarenakan PCOS, tapi PCOS ini dampak buruknya mampu menimbulkan anovulasi.

Sindrom ovarium polikistik (PCOS) yaitu kumpulan gejala yang ditandai dengan ketidakseimbangan hormon yang dapat terjadi pada perempuan di usia subur.

Wanita dengan PCOS, cenderung mengalami menstruasi yang tidak teratur. Menstruasi terjadi lebih jarang, atau justru berkepanjangan (tidak selesai-selesai).

Siklus haid yang tidak teratur ini, mampu menimbulkan siklus menstruasi menjadi tidak subur, karena tidak disertai ovulasi.

Nah, jikalau ovulasi tidak terjadi, maka pembuahan ovum dan sperma juga tidak akan terjadi. Sehingga, sulit mampu hamil.

Pemicunya mampu karena mutasi genetik, disfungsi tiroid, hiperprolatinemia, kondisi hormonal dan olahraga yang berlebihan.

11. Akibat dampak dari alat dan obat kontrasepsi
Pernah memakai alat dan obat kontrasepsi, juga mampu menimbulkan kesulitan untuk hamil.

Meski normalnya kalau berupa alat, bukan alasannya utamanya. Melainkan kalau berupa obat-obatan yang dikonsumsi, mirip contohnya hormonal jangka panjang melalui suntik.

Hal tersebut mampu berakibat pada tidak normalnya siklus menstruasi.

12. Masih belum cukup berhubungan, atau bahkan jarang
Semakin jarang melakukan hubungan suami-istri, maka semakin kecil peluang pembuahan terjadi.

Apabila memang Anda dan pasangan masih jarang melakukan ‘hubungan’, mirip contohnya hanya beberapa kali dalam sebulan, atau sekali seminggu, maka Anda bisa mencoba meningkatkannya menjadi sekitar 2-3 kali selama seminggu.

Bila belum seperti itu, maka agak wajar pada pasangan tertentu, sang istri belum hamil.

Kecuali kalau sudah biasa berhubungan 2-3 kali dalam seminggu selama sekitar 1 tahun, namun belum hamil juga, barulah hal tersebut patut diduga kemungkinan tidak normal.

Nah itulah 12 penyebab utama susah hamil dan berikut di bawah ini adalah tips mengatasi sulit  hamil.

Tips Mengatasi Sulit Hamil dengan Mengubah Gaya Hidup

Masalah susah hamil tidak bisa diselesaikan dengan cara instan. Pertama-tama, Anda dan pasangan harus berkonsultasi ke dokter untuk mengetahui penyebab susah hamil. Jika diperlukan penanganan medis, tentu dokter akan menyarankannya kepada Anda.

Namun, Anda dan pasangan juga harus mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat agar peluang memiliki anak meningkat. Inilah beberapa gaya hidup sehat yang dapat Anda terapkan untuk mengatasi masalah susah hamil.

1. Jauhi stress

Stress termasuk salah satu penyebab ketidakseimbangan hormon sehingga wanita susah hamil. Jika Anda tertekan dengan masalah pekerjaan ataupun masalah pribadi, ada baiknya Anda dan pasangan mengambil cuti untuk berlibur. Selain membuat Anda lebih santai, liburan dapat membantu Anda dan pasangan mengembalikan kemesraan seperti baru menikah dan meningkatkan peluang Anda memiliki anak.

2. Jauhi rokok dan alkohol

Seperti dijelaskan sebelumnya, rokok dapat membuat wanita susah hamil. Ini karena racun dalam rokok berisiko mengganggu produksi sperma maupun sel telur yang sehat. Sementara itu, alkohol diketahui dapat menurunkan jumlah sperma dan mengganggu proses pembuahan. Jadi, jika ingin segera memiliki anak, Anda dan pasangan harus berhenti merokok dan minum minuman beralkohol.

3. Batasi olahraga

Olahraga memang memiliki banyak manfaat. Namun, jika dilakukan berlebihan, olahraga justru menimbulkan dampak buruk, salah satunya adalah membuat wanita susah hamil.  Menurut penelitian yang dilakukan ilmuwan Amerika Serikat dan Denmark, wanita yang berolahraga sangat keras biasanya memiliki siklus menstruasi tidak teratur serta mengakibatkan kurangnya ovulasi. Selain itu, olahraga dengan intensitas tinggi juga dapat mengganggu sel telur yang berhasil terbuahi dan menempel pada dinding rahim sehingga meningkatkan risiko keguguran.

4. Sarapan dalam porsi besar

Sejumlah ilmuwan mengklaim bahwa makan dalam porsi besar di pagi hari mampu meningkatkan tingkat kesuburan wanita sehingga dapat mengatasi masalah susah hamil.  Menurut studi yang diterbitkan dalam jurnal ilmu pengetahuan, wanita yang sarapan dalam porsi besar dibandingkan waktu-waktu lainnya memiliki tingkat ovulasi lebih tinggi daripada wanita yang makan besar di waktu-waktu lain.

5. Tidur dalam ruangan gelap

Penelitian di Inggris mengungkapkan bahwa kamar tidur yang terang dapat membuat wanita susah hamil.  Menurut penelitian tersebut, cahaya di malam hari mampu mempengaruhi siklus reproduksi wanita yang mengakibatkan wanita susah hamil. Cahaya di sini bukan hanya berarti lampu kamar, melainkan juga cahaya dari telepon genggam. Jadi, pastikan kamar tidur Anda dalam keadaan gelap dan matikan gadget ketika akan tidur.
Tags :
Share :