Dark

Penting! Ibu Hamil Wajib Tahu! Makanan yang Harus Dihindari pada Masa Kehamilan

Makanan yang Harus Dihindari pada Masa Kehamilan - Setiap manusia di dunia ini tentunya membutuhkan makan untuk hidup, untuk menunjang aktifitas yang dilakukannya sehari-hari. Tidak terkecuali bagi ibu hamil. Malahan ibu hamil ini yang harus mendapatkan perhatian yang lebih. Karena dia harus makan untuk 2 jiwa. Satunya untuk dirinya sendiri,satunya lagi untuk si bayi yang ada di dalam kandungannya.

Makanan yang kita makan seyogyanya haruslah makanan yang sehat. Yang mengandung banyak vitamin dan gizi. Hal ini juga berlaku bagi ibu hamil. Justru makanan untuk ibu hamil ini yang harus mengandung bahan-bahan yang bergizi.


tips hamil intens

Tentunya semua ibu, semua orang tua di manapun mereka berada pastilah menginginkan bayinya nanti lahir dengan kondisi yang sempurna. Sehat, baik secara fisik maupun di dalamnya. Dan untuk memperoleh itu semua selama masih di dalam kandungan ibunya si bayi haruslah mendapatkan asupan gizi yang baik pula.

Kondisi ibu yang sedang mengandung akan berbeda dengan orang pada umumnya, tidak bisa dan tidak boleh disamakan. Dia tidak bisa makan makanan apa saja. Karena akan ada pengaruhnya bagi bayi yang dikandungnya kelak. Kalau kita boleh makan makanan sesuka hati kita.


Panduan Tips Hamil Intens

Pada saat hamil, si ibu harus memilih dengan benar makanan yang dia konsumsi. Ibu hamil harus mengetahui dengan benar makanan apa saja yang harus dia hindari selama berada pada masa kehamilan.

Si ibu hamil harus memiliki pengetahuan yang cukup untuk mengetahui mengapa makanan ini masih boleh dan sama sekali tidak boleh untuk dikonsumsi. Apakah resikonya untuk dia sendiri maupun untuk bayi yang dia kandung.

Ada beberapa jenis makanan yang harus dihindari selama si ibu mengandung. Karena kalau masih tetap dikonsumsi si ibu hamil akan beresiko terinfeksi berbagai macam bakteri. Di antaranya seperti bakteri toksoplamosis, bakteri salmonella, bakteri ecoli dan bakteri listeria.

Berikut ini makanan-makanan yang harus dihindari oleh seseorang pada saat dia hamil. 

1. Alkohol
Alkohol sebenarnya bukan pilihan yang baik dikonsumsi selama kehamilan. Hal ini dikarenakan dapat menyebabkan beberapa komplikasi kesehatan dan kelahiran, seperti keguguran, kelahiran prematur, berat lahir rendah, dll. Konsumsi alkohol selama kehamilan juga diketahui menyebabkan Sindrom Alkohol Janin sehingga anak bisa lahir dalam kondisi cacat nantinya. 

2. Telur Mentah
Telur mentah dalam bentuk apapun – di dalam adonan, saus, dimasak sebagai eggnog atau jenis lainnya dapat menyebabkan infeksi karena adanya salmonella. Tapi Anda bisa menikmati makanan sehat ini jika dimasak hingga matang, Bunda.

3. Kecambah Mentah
Kumpulan jenis kecambah seperti touge, kacang hijau, dan lobak banyak memiliki kandungan bakteri, terutama di biji mereka. Untuk itu, hindari konsumsi kecambah mentah baik di rumah maupun saat makan di restoran lainnya.

4. Kerang Mentah
Bunda boleh kok makan kerang yang sudah dimasak dengan baik, tapi tidak dengan kerang mentah. Menu mentah ini meningkatkan risiko kandungan bakteri, virus, racun, dan hal buruk lainnya. Sangat tidak dianjurkan untuk dikonsumsi saat sedang mengandung, ya.

 5. Makanan Simpanan
Setelah memasak makanan, jangan dibiarkan di udara terbuka atau simpan saja di dalam kulkas. Bagi ibu hamil, akan berbahaya jika mengonsumsi makanan yang sudah dibiarkan selama dua jam di udara terbuka tersebut. Hal ini bisa mengakibatkan kontaminasi yang terjadi dan bisa menimbulkan bakteri yang merugikan. 

6. Susu Segar
Susu segar atau yang baru diperah dari sapi tidak sepenuhnya menyehatkan. Terdapat bakteri yang masuk pada susu dan belum mati jika tidak dimasak terlebih dahulu. Maka ibu hamil perlu menghindari konsumsi susu segar ini saat hamil.

7. Kelebihan Kafein
Konsumsi minuman berkafein menjadi hal penting untuk banyak orang. Baik teh, kopi, cokelat, soda, dan minuman dingin lainnya sering diminum untuk sekedar relaksasi sesaat. Tapi untuk ibu hamil, sebaiknya hindari mengonsumsi kafein berlebihan ya. Ingat, takaran maksimal yang bisa dinikmati ibu saat mengandung hanya 200g per hari.

8. Keju Lembut

Mengonsumsi keju lembut dapat memberi efek buruk bagi ibu hamil. Kemungkinan di dalam keju tersebut mengandung bakteri penyebab infeksi yang disebut listeria. Lebih baik jangan memakan varian keju seperti gorgonzola, keju biru Denmark, brie, keju susu kambing, Camembert, Roquefort, dll.

Lebih baik, makan keju keras yang sudah melalui proses pasteurisasi (mematikan organisme merugikan seperti bakteri). Konsumsi keju parmesan dan cheddar bisa menjadi pilihan yang bisa dimakan saat hamil.

9. Daging dan Ikan

Bunda perlu berhati-hati pada beberapa olahan daging dan ikan. Untuk daging, pastikan sudah dimasak dengan matang sempurna. Jika warna merah mudah pada daging masih terlihat, perlu diwaspadai karena kemungkinan terkandung bakteri dan toxoplasma yang bisa mengakibatkan infeksi.

Kewaspadaan juga berlaku pada sosis atau olahan daging serupa karena adanya bakteri Listeria di dalamnya. Bakteri ini juga terdapat pada ikan asap, seperti salmon atau tuna asap yang disimpan dalam pendingin.

Jika Bunda tetap ingin memakannya, maka perlu dipanaskan dengan api kecil terlebih dahulu. Hal ini akan mampu membunuh bakteri Listeria dan membuat ikan dan daging menjadi aman dikonsumsi.

10. Jus Peras Segar

Konsumsi jus segar dan didapat langsung dari buahnya memang membuat badan lebih bugar. Namun ternyata, ada risiko terdapat bakteri E.Coli dan Salmonella di dalamnya. Hal ini tentu berbahaya bagi bumil dan janin. Karenanya, Bunda boleh membeli jus kemasan karena biasanya jus ini sudah melalui proses pasteurisasi. Yang terpenting adalah cek label setiap jus kemasan untuk memastikan hal-hal tersebut.

11. Sushi Mentah

Beberapa jenis sushi disajikan dengan bahan mentah seperti ikan yang bahkan tidak dibekukan atau melalui proses khusus agar aman dimakan. Hal ini memungkinkan sushi tersebut mengandung parasit yang bisa mengakibatkan suatu penyakit muncul, bahkan pada ibu hamil. Karenanya, penting untuk konsumsi makanan laut ataupun daging yang matang sempurna untuk menghindari hal tersebut.

12. Adonan Mentah

Saat ingin membuat kue atau roti, Bunda terkadang mencicipinya untuk memastikan bahwa rasanya enak. Ternyata, hal ini pun tidak boleh dilakukan karena adonan tersebut pasti menggunakan telur. Jika adonan mentah ini dicicipi sesedikit apapun, bakteri salmonella bisa masuk ke dalam tubuh.

Salmonella sendiri bisa menjadi sumber berbagai penyakit untuk ibu dan anaknya di dalam kandungan. Untuk itu, hindari mencicip adonan mentah selama kehamilan menjadi keputusan terbaik, ya Bunda.

13. Saus Caesar Salad

Membuat salad tentu belum lengkap tanpa saus seperti saus Caesar atau mayonnaise. Tapi kandungan telur di dalam saus ini akan berbahaya saat Anda mencoba membuatnya sendiri. Untuk itu, pilih saus yang sudah melalui proses pematangan terlebih dahulu atau saus lain yang tidak mengandung telur di dalamnya.

14. Ikan Tinggi Merkuri

Konsumsi ikan memang baik, terutama saat masa kehamilan. Tetapi bukan berarti setiap ikan bisa dikonsumsi dengan bebas. Jenis ikan seperti swordfish, tile-fish, king mackerel, bahkan ikan hiu wajib dihindari ibu hamil. Maka sebagai pilihan, ikan salmon, tuna, dan cod bisa dikonsumsi, tentu dalam kondisi yang sudah matang ya, Bunda.

15. Buah dan Sayur Segar

Makan sayur dan buah segar memang menyehatkan, tapi pastikan menu ini sudah dibersihkan terlebih dahulu. Cuci buah dan sayur di bawah air mengalir dan usap dengan perlahan untuk menghilangkan kandungan buruk di permukaannya. Hindari juga konsumsi buah dan sayur yang sudah sedikit terbuka, karena kemungkinan besar terdapat parasit atau bakteri jahat lainnya.
Tags :
Share :