Dark

5 Cara Meningkatkan Kecerdasan Anak Sejak Usia Dini

Tips Meningkatkan Kecerdasan Anak - Memiliki anak yang cerdas adalah idaman bagi setiap orang tua, kepandaian seorang anak tidak akan tubuh dengan baik jika tidak diiringi dengan parenting yang tepat. Berikut beberapa cara dalam meningkatkan kecerdasan anak sejak dini.

ASI EKSKLUSIF

Memberikan air susu ibu merupakan salah satu cara yang paling efek dalam membangun kecerdasan anak. Karena kepandaian anak dapat mulai dibangun dari anak usia dini atau bayi melalui ASI.

Untuk memberikan asi yang baik pada anak, sebaiknya ibunda mengkonsumsi makanan bergizi dan menjaga pola makan, karena hal tersebut juga akan berpengaruh kepada perkembangan otak bayi dan
asi sebaiknya diberikan hingga bayi berusia 9 bulan.

Tips Hamil Intens


BIASAKAN POLA MAKAN SEHAT

Pola makan yang mengandung 4 sehat 5 sempurna sebaiknya mulai dibiasakan kepada anak sejak usia dini. Di fase tersebut anak masih dalam tahap tumbuh kembang anak dengan masa keemasan, kebiasaan baik ini sering kali diabaikan karena pada jaman seperti sekarang ini banyak sekali jenis makanan cepat saji yang memudahkan orangtua dalam menyiapkan makan anak.

Dampak yang terjadi memang tidak secara cepat, akan tetapi kebiasaan mengajarkan anak untuk mengkonsumsi makanan cepat saji ataupun junk food dapat mempengaruhi kecerdasan maupun kesehatan anak. Perlu parenting yang tepat dan konsisten dalam menerapakan kebiasaan makanan sehat, terutama pengetahuan orangtua terhadap jenis makanan yang baik untuk pertumbuhan dan perkembangan anak.

Kebiasaan mengkonsumsi makanan sehat kepada anak, harus dimulai dengan makan bersama sehingga akan memotivasi anak untuk mengenal serta memakan makanan sehat tersebut. Kebutuhan nutrisi untuk mencerdasakan anak bisa didapat dari mengkonsumsi ikan, karena ikan banyak mengandung Omega 3.


BERMAIN SAMBIL BELAJAR

Dunia anak memang dikenal dengan dunia bermain, jadi sangat perlu bagi orangtua untuk mengenal permainan yang dapat membantu mengembangkan seperti meningkatkan kecerdasan anak. Permainan yang mengandung interaksi, kreativitas, melihat serta mendengar merupakan permainan yang seharusnya dikenalkan kepada anak. Dalam mengenalkan permainan yang mengembangkan kecerdasan anak, sebaiknya mulai dari mengenalkan permainan tradisional.

Tidak diragukan lagi bahwa permainan tradisional anak yang di miliki oleh negara Indonesia, sangat kaya dan beragam, mulai dari permainan taplak gunung/engklek, congklak, lompat karet dan lainnya. Usahakan untuk menghindari permainan yang dapat berdampak kurang bagus bagi anak, walaupun juga berdampak baik bagi perkembangan kecerdasan anak. Permainan tersebut bisa berupa permainan yang memiliki teknologi tinggi untuk memainkannya, seperti game online dan lainnya. Memang permainan ini sangat bagus untuk perkembangan kecerdasan anak akan tetapi akan berdapak kurang bagus terhadap penglihatan maupun interaksi sosial anak.

Dan sangat dianjurkan kepada orangtua yang melakukan parenting kepada anak, untuk ikut menyediakan waktu bermain bersama anak, karena cara ini juga dapat memotivasi anak dalam bermain sambil belajar.


KENALKAN RAGAM OLAHRAGA

Mengenalkan kepada anak tentang jenis olahraga, juga merupakan cara dalam meningkatkan kecerdasan anak. Secara umum aktivitas fisik melalui berolahraga akan meningkatkan aliran darah dan oksigen ke otak, dan hal ini merupakan salah satu faktor perangsang kecerdasan anak.


PENUHI KASIH SAYANG

Kasih sayang orang tua menentukan kecerdasan anak, karena adanya pengakuan keberadaannya yang rasakan oleh anak. Kasih sayang harus diberikan tidak berlebihan, karena kasih sayang yang berlebihan justru akan menimbulkan permasalahan baru, yaitu anak akan menjadi manja dan egois.V Pemenuhan kasih sayang tidak harus menuruti semua keinginan anak, akan tetapi kasih sayang merupakan sesuatu yang diberikan atas dasar dukungan dan motivasi untuk menjadikan anak lebih berkembang dan menjadi sosok yang membanggakan.

Demikian tulisan tentang Cara Meningkatkan Kecerdasan Anak Sejak Usia Dini, semoga dengan tulisan ini dapat memberikan informasi kepada orang tua terutama bagi yang baru akan memiliki buah hati dan mencari informasi tentang parenting mendampingi anak agar kecerdasannya meningkat.
Tags :
Share :